Jumat, 31 Oktober 2014

ASPEK PEMASARAN PERUSAHAAN

ASPEK PEMASARAN

I.                  Spesifikasi Usaha

 CV. JOE PRODUCTION  merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang IT Infrastructure. Perusahaan ini menerima jasa konsultasi di bidang teknologi informasi, pembangunan suatu sistem jaringan, penjualan produk keamanan, serta aplikasi yang berfungsi untuk membantu segala kegiatan bisnis. Jasa konsultasi yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah pembuatan sistem atau pengembangan sistem yang baru. Pembuatan sistem baru menggunakan software yang dikembangkan sendiri. CV. JOE PRODUCTION juga menawarkan jasa pembuatan web development.

I.I.     Tujuan
Tujuan Perusahaan :
·  Memberikan kemudahan kepada customer yang ingin membuka usaha di bidang IT.
·  Menciptakan produk yang mudah di operasikan, berkualitas, dan mengikuti perkembangan atau tren teknologi.
·  Memberikan pelayanan yang memuaskan klien dengan menerapkan prosedur kerja standard dan dukungan sumber daya manusia yang terampil, berkualitas, dan kompeten.

I.II.   Produk / Jasa

Berikut merupakan produk / jasa yang ditawarkan :
·         Paket Sistem Komputer (Jaringan, keamanan)
·          Management Resources Application
·         Pembuatan Application Customizes
·         IT Consultan
·         Maintenance Web
·         Pembuatan Web

I.III.  Deskripsi Produk / Jasa

Berikut merupakan pendeskripsian dari produk / jasa yang ditawarkan :
·         Paket Sistem Komputer (Jaringan, keamanan) :
Ditujukan untuk sistem jaringan atau keamanan seperti di perkantoran, agar data-data penting terjaga lebih aman.
·         Management Resources Application :
Ditujukan untuk suatu perusahaan agar mempermudah suatu perusahaan untuk mengelola manajemen sumber daya yang dimiliki.
·         Pembuatan Application Customizes :
Pembuatan aplikasi berdasarkan permintaan klien, sehingga aplikasi yang dihasilkan sesuai dengan keinginan klien.
·         IT Consultan
Berfungsi sebagai sarana bagi para klien untuk berkonsultasi mengenai bidang IT, baik dalam segi software, hardware, sistem, dan jaringan. Perusahaan akan menyediakan solusi terbaik dan serinci mungkin kepada para klien.
·         Maintenance Web :
Membantu dalam mengelola web dari klien atau suatu perusahaan. Baik dalam segi keamanan, pengolahan data, dan pemeliharaan web tersebut.
·         Pembuatan Web :
Pembuatan web berdasarkan permintaan klien sehingga hasil web tersebut sesuai dengan keinginan klien. Mulai dari struktur, tampilan, dll.




II.            Segmentasi Pasar
      Perusahaan ini berbentuk “Persekutuan Komanditer” atau yang sering disebut dengan CV. Perusahaan ini menyediakan jasa pembuatan web, pembuatan aplikasi, pembangunan jaringan, pembangunan sistem pertahanan, pembuatan software dan lain-lain. Dengan begitu perusahaan ini mempunyai segmentasi pemasaran terhadap perusahaan – perusahaan besar yang membutuhkan jasa – jasa IT. Contohnya seperti perusahaan – perusahaan telekomunikasi, provider jaringan dan kementrian – kementrian, serta badan usaha menengah keatas ataupun personal.

III.        Analisis Pasar

   Pertanyaan berikut akan membuka sisi analisa dari pasar IT dalam lingkup pemasaran

[=] Siapa target konsumen?
       Target konsumen yang utama adalah perusahaan IT yang membutuhkan jasa support dalam hal maintenante dan revisi software/ pembuatan software baru. Programmer yang membutuhkan konsultasi seputar program yang dibuat. Dan bagi perusahaan baru yang ingin membuka peluang lewat pembuatan web juga maintenancenya.

[=] Apakah produk kita sudah pernah di uji cobakan ke konsumen?
Akan dilakukan pemberian trial dan testimonial, jika konsumen puas maka akan diberlakukan revisi final sebagai tanda kesepakatan untuk pembelian. Manajemen akan melakukan tindakan yang terbaik agar produk menjadi produk yang berkualitas tinggi untuk digunakan konsumen.

[=] Apakah kita sudah mengetahui keinginan dan kebutuhan target konsumen akan produk ini ?
Tentunya, selaku market share pasar, target konsumen sangat tinggi dalam jasa yang perusahaan berikan. Kebutuhan perangkat lunak berkualitas dan terancang sempurna menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan lagi. Tentunya dengan solusi yang membangun lewat konsultasi.

[=] Ketika kita telah tahu , apakah konsumen menginginkan hal lain agar dapat menikmati produk kita ?
Ya, maka dari itu diberikan jasa maintenance dan konsultasi yang menjadi solusi akhir dalam perbaikkan pangsa pasar perusahaan. Hal ini memberikan kenyamanan perusahaan agar terjalin lancar dalam memasarkan produknya.

[=] Siapa kompetitor kita dalam produk ini ?
Tentunya perusahaan yang memberikan jasa yang setara... yang membedakan dari ini adalah kualitas yang diberikan dan hasil kepuasan konsumen.

[=] Jika semua jelas lalu bagaimana kompetitor kita melakukan pelayanan kepada konsumenya ?
Tentunya bersaing dalam hal kualitas dan kemampuan terbaik dari pegawai perusahaan dalam memberikan jasanya.


IV.           Strategi Pemasaran

         Untuk penawaran jasa yang akan dipasarkan oleh perusahaan ini adalah dengan menggunakan media internet seperti penggunaan web, social media. Selain itu juga perusahaan ini memanfaatkan media cetak untuk melakukan penawaran atau promosinya. Perusahaan ini tidak menggunakan media pamphlet atau brosur dikarenakan harus memakan banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan iklan seperti itu.


Kesimpulan : perusahaan ini sangat menjanjikan untuk dibangun bisnisnya. Karena faktor permintaan konsumen yang sangat banyak.

Sumber :
http://ryuseifer.blogspot.com/2013/11/aspek-pemasaran-cv-joe-production.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar