Rabu, 07 Januari 2015

Kiat dalam menghadapi interview (panggilan kerja)

Dalam dunia perkerjaan, tidak sedikit pelamar yang tidak berhasil atau gagal pada tahap wawancara (interview), Tahap ini sangat menentukan, dan menegangkan bagi yang pertama kali melamar pekerjaan. Pelamar akan bertatap langsung dengan beberapa pimpinan perusahaan yang akan menggali informasi pelamar dan memberikan keputusan apakah dapat diterima atau tidak di dalam perusahaan. Untuk menghindari kegagalan dalam menghapi test wawancara, berikut ini ada beberapa kiat sukses yang dapat digunakan pada saat wawancara :


    1.   Percaya Diri
Percaya diri menjadi tombak dari kekuatan pelamar. Ketika tingkat kepercayaan tinggi, seorang pelamar akan tampak siap dan nyaman menghadapi test wawancara. Namun, tidak sedikit dari pelamar yang mengalami kegagalan disebabkan kurangnya rasa percaya diri. Percaya diri yang minim akan sangat mempengaruhi dalam sikap dan berbicara seseorang.

    2.   Berpenampilan menarik
Berpakaian sopan dan rapi akan menjadi nilai plus bagi seorang pelamar, karena secara tidak langsung seseorang yang berpenampilan tersebut akan mempengaruhi setiap tindakan dalam pekerjaannya.

    3.   Pelajari pertanyaan yang mungkin akan keluar

Persiapan sangat dibutuhkan bagi setiap pelamar, termasuk pertanyaan yang akan diajukan dalam wawancara. Untuk mengurangi ketegangan yang akan menggangu ketenangan dan kepercayaan diri maka siapkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin keluar.
    4.   Mencari informasi perusahaan
Ini akan sangat membantu untuk meyakinkan pewawancara sehingga menjadi terkesan dengan setiap jawaban yang diajukan mengenai perusahaan tersebut, posisi yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.
5. Menjawab dengan jelas
Berikan jawaban untuk setiap pertanyaan yang diajukan pewawancara dengan jelas dan relevan. Karena akan menunjukkan bahwa anda bersunggung-sungguh dan focus dalam setiap pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar