Jumat, 31 Oktober 2014

KIAT MENGATASI KEJENUHAN DI SITUASI YANG TIDAK DI INGINKAN

     Kejenuhan merupakan hal yang paling tidak disukai oleh semua orang, memang sulit menghilangkan rasa jenuh yang selalu datang saat kita melakukan rutinitas, terutama saat kita bekerja. Banyak cara menghilangkan kejenuhan dalam rutinitas tertentu, namun cara ini tidak bisa dilakukan secara instan seperti cara menghilangkan bau mulut, berikut saya berikan solusinya.

Biasakan Membaca
Membaca merupakan kebiasaan yang baik, membaca dapat menambah ilmu dan informasi. Diwaktu luang bisa jadi menghilangkan jenuh.

Mengembangkan Hobi
Hobi yang anda sukai harus dikembangkan, karena untuk memanfaatkan dihari-hari senggang. Hal ini dapat mengurangi kejenuhan.

Berkumpul dengan Teman
Kegiatan berkumpul bisa jadi alternatif untuk menghilangkan jenuh, karena dengan berkumpul bisa menyegarkan fikiran.

Berlibur
Luangkan waktu untuk berlibur ketempat yang menenangkan dan menyegarkan fikiran anda, berlibur bisa dengan orang tua atau pasangan.

Manfaatkan teknologi
Zaman sekarang teknologi semakin berkembang, dan anda bisa memanfaatkannya dengan langsung menggunakan teknologi tersebut. Semisalnya bermain game atau membuat sebuah blog bermain facebook,twitter,line, dan lainnya. Hal ini ternyata mampu mengusir rasa bosan di hidup anda.


Dengan cara diatas, saya yakin akan mengurangi rasa jenuh yang ada pada diri kita bahkan akan hilang. Selain itu, kita juga akan mengerti arti dari sebuah rasa syukur terhadap Sang Pencipta dan makhluk sosial yang harus bersosialisasi terhadap sesama. Semoga artikel ini bisa memotivasi anda untuk yang lebih baik.

Rabu, 15 Oktober 2014

MOTIVASI BELAJAR

     Tanpa disadari masih banyak generasi penerus bangsa bersifat malas, dan semakin berkembangnya teknologi akan semakin menimbulkan rasa kecenderungan bahwa main game, nonton tv, browsing, chatting, dan lain-lain sebagai hal yang wajib dilakukan setiap hari. Oleh sebab itu, kita sebagai pelajar yang akan mencerdaskan bangsa selalu mengingatkan orang disamping kita. Berikut hal-hal yang harus ditanamkan untuk memotivasi belajar:

  1. Belajar adalah investasi tercerdas yang bisa anda lakukan. 
  2. Tidak ada yang bisa anda raih jika anda tidak mau belajar.
  3. Kesulitan saat belajar pasti dialami, tapi anda akan menerima kemudahan setelah anda memahami dan menerapkan apa yang anda telah pelajari.
  4. Jangan buang hari-hari anda tanpa mempelajari sesuatu, karena itu berarti menutup hari dengan kegagalan.
  5. Semakin banyak ilmu yang anda pelajari, semakin besar peluang anda untuk menerima hasil yang lebih besar.
  6. Waktu dan tenaga yang anda habiskan untuk belajar, akan selalu melahirkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan anda.
  7. Belajar akan memberikan anda pemahaman baru, sehingga anda bisa menghadapi tantangan baru yang ada di depan anda.
  8. Jadikan diri anda senang dalam belajar, sehingga anda selalu termotivasi dalam belajar dan anda akan dimudahkan dalam belajar.

            Beberapa hal diatas akan memotivasi anda untuk terus bersemangat belajar dan memajukan generasi muda kearah yang lebih baik baik. Dari semua motivasi diatas tidak akan berjalan sempurna ketika seseorang tidak melakukan dengan niat sungguh-sungguh..

Selasa, 07 Oktober 2014

PROFIL PERUSAHAAN DIBIDANG IT

      Light Com adalah sebuah perusahaan kecil yang bergerak di bidang Informatika. Perusahaan yang berdiri 8 tahun yang lalu tepatnya tahun 2006 ini memilki 5 orang karyawan termasuk pemiliknya yang langsung turun tangan menangani permasalahan pada pelayanan service dan upgrade komputer serta menjual berbagai macam aksesoris untuk keperluan computer seperti Mouse, Keyboard, Screen dan lain sebagainya. Perusahaan ini berlokasi di Plaza Jambu dua dan cangkupan wilayah perusahaan hanya sekitar wilayah Plaza Jambu dua, Bogor.

  • Omset Perusahaan

        Dalam setahun perusahaan mendapat laba bersih sekitar 10-15 juta dengan total omset mencapai 25 juta pertahun jika semua keuntungan dan kerugian dimasukkan dalam perhitungan omset.


  • Fasilitas dan Peralatan

     Dalam kegiatan usaha ini pemilik memiliki fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
  • Alat-alat Service Komputer seperti solder, kabel, dan perlengkapan lainnya.
  • Aksesoris Komputer seperti Mouse, Keyboard, Screen dan lain sebagainya.
  • Etalase.
  • Kipas.
  • Dan beberapa perangkat Monitor.

     Pemilik sebelumnya mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan atau pesaing, dan beberapa hal yang harus dipahami pada dunia bisnis adalah istilah SWOT, berikut penjelasannya :
  • Strength (Kekuatan)
Kekuatan usaha ini adalah :
  1. Menjual produk komputer
  2. Menawarkan jasa service dan upgrade
  3. Harga yang lumayan terjangkau
  • Weakness (Kelemahan)
Kelemahan usaha ini adalah :
  1. Kesulitan mencari barang yang dibutuhkan customer
  2. Pelayanan yang terlalu lama, karena karyawan harus mengetahui semua hal tentang produk dan bagian detail komputer.
  • Opportunity (Peluang)
Peluangnya adalah :
  1. Tempat strategis
  2. Fasilitas yang cukup memadai
  • Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih rendah.



Komentar :
        
         Dengan Perkembangan teknologi yang semakin maju sangant pesat, perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang IT sangat menjanjikan. Perusahaan ini sudah cukup berhasil, terbukti 8 tahun telah berjalan perusahaan masih tetap berdiri dan semakin banyak konsumen. 
           
            Perusahaan kecil dengan fasilitas dan peralatan dari modal sendiri, namun omset yang didapat adalah puluhan juta. Dengan mengukur kemampuan usaha dan memahami dunia usaha seperti kekuatan perusahaan, kelemahan perusahaan, peluang untuk dapat berkembang, dan ancaman dari perusahaan-perusahaan lain maka perusahaan ini akan lebih maju berkembang.

        Namun disisi lain, lokasi yang strategis kurang didukung dengan tempat yang luas untuk menampung banyak konsumen serta pelayanan yang masih lambat akibat keterbatasan karyawan, hal ini akan menyebabkan konsumen yang berkunjung akan memilih pindah dan mencari toko atau perusahaan lain.



Sumber :http://arraratih.blogspot.com/2014/09/tugas-profil-perusahaan-yang-bergerak.html

Senin, 17 Maret 2014

Desain Buruk dari Sebuah Web

Web menjadi sarana yang digunakan untuk mencari informasi bagi para pengguna dunia maya atau internet, web yang baik dapat menimbulkan kenyamanan bagi semua pengguna, dan informasi yang tercantum dalam web tersebut akan mudah dipahami. Namun ada beberapa web yang secara grafis masih terlihat kurang baik, contohnya seperti dibawah ini : 


Seberapa alasan kenapa tampilan ini kurang baik adalah : 
  • Penggunaan icon atau gambar yang terlalu banyak akan sangan mengganggu user.
  • Tata letak frame - frame dan gambar yang masih kurang rapi.
  • Ada informasi yang tidak sesuai dengan tema.
Sebaiknya ketika membuat web harus mempertimbangkan fungsi dan tujuan, memiliki ttampilan menarik tanpa banyak gambar yang tidak penting, menampilkan informasi yang mudah dipahami dan mudah digunakan.


PORTOFOLIO (CURRICULUM VITAE)

Nama                                        : Bobby Harjolaksono
Tempat, tanggal lahir              : Cirebon, 02 Desember 1993
Alamat                                      : Jl. kemang RT 08/03 No. 104 Desa 
                                                     Sukamaju Baru Kec Tapos Depok
Jenis Kelamin                         : Laki-Laki
Agama                                     : Islam
Email                                        : byharts2@gmail.com


Riwayat Pendidikan
  • 1999-2005                     : SD Negeri  01 Ciawiasih (Cirebon)
  • 2005-2008                     : SMP Negeri 01 Susukan Lebak (Cirebon)
  • 2008-2011                     : SMA Negeri 01 Lemahabang (Cirebon)
  • 2011-Sekarang              : Universitas Gunadarma (Teknik Informatika) Depok

Seminar
  • Film Web Series, held on June 20, 2013
  • Teknologi NVIDIA dan Gigabyte , held on June 19, 2013
  • Web Development and Web Security, held on October 24, 2011
  • Digital Innovation and Enterpreneurship For Stronger Indonesia, held on June 20, 2013
  • Peran Strategi Mahasiswa dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Kota Depok, held on October 11, 2011

Keahlian
  • Dapat mengoperasika komputer dengan baik dan terbiasa menggunakan internet
  • Ms. Office (Word, Excel, Power Point)
  • Multimedia( Photoshop, dll )



Sabtu, 01 Februari 2014

Desain Pemodelan Grafis T3 Kel 7 (Camera Modelling) - 51411513 - Bobby Harjolaksono

BAB IV

PENERAPAN CAMERA MODELLING


1.         PENERAPAN
Penerapan dalam sehari hari untuk suatu pembuatan  karya Audio visual ,contohnya perfilman selalu direncanakan segala aspek yang membuat suatu film tersebut menarik dengan membawa para penonton menghayati  serta berimajinasi dengan apa yang sedang ditontonnya. Dari segala aspek tersebut salah satunya adalah aspek dalam pengambilan gambar walaupun tidak menyampingkan aspek ceritanya. Suatu gambar lebih memberikan ilustrasi apa yang sedang terjadi dalam film tersebut. Animasi merupakan salah satu obyek 2D atau 3D yang pengambilan gambarnya butuh fokus yang lumayan tinggi terutama animasi 3D. Pada Obyek 3D tersebut diambil suatu gambar dengan menentukan sudut pandang dari segala arah agar gambar 3D tersebut kelihatan hidup dan nyata.
Pengambilan gambar yang sebenarnya pada saat di lapangan dalam karya audio visual disebut dengan istilah Teknik Kamera Elektronik atau juga bisa disebut Teknik Kamera.Teknik Kamera terdiri atas 4 komponen yaituCamera Angle, Type of  Shot, Type of Character dan Moving Camera . kali ini saya akan membahas mengenai Camera angle dan Moving Camera.

2.      CAMERA ANGLE
Camera angle adalah suatu teknik pengambilan sudut gambar suatu obyek ,pemandangan atau adegan dalam audio visual. Dengan sudut tertentu kita dapat menghasilkan shot yang menarik serta menciptakan kesan tertentu pada adegan yang sedang kita tayangkan. Berikut ini jenis – jenis kamera angle :
1.      Top Angle
Teknik pengambilan gambar  yang memposisikan kamera berada dalam posisi tepat di atas obyek bidikan. Teknik ini tidak boleh digunakan terlaluu mendominasi dalam suatu babak alur cerita, namun hanya sebagai aksen saja agar gambar yang dihasilkan itu lebih menarik dan terkesan dramatik.
2.      High angle
Teknik pengmbilan gambar  dimana posisi pengambilannya berada di atas abjek dengan kemiringan tertentu sehingga menampilkan objek tersebut terkesan kecil dan rendah. Teknik ini cocok dipakai untuk menerangkan kesan luas seperti menceritakan tentang pemandangan alam misalnya suasana pedesaan dengan kesegaran pepohonannya atau suasana perkotaan yang dipenuhi dengan gedung-gedung pencangkar langit.
3.      Eye Level Angle
Teknik pengambilan gambar oleh juru kamera yang memposisikan kamera berada dalam posisi di sejajar dengan pandangan mata, baik berdiri maupun ketika duduk antara obyek dan kamera dkedudukannya sejajar. Teknik ini cocok dipakai untuk menerangkan kegiatan apa saja dalam dari obyek yang dibidiknya.
4.      Low Angle
Teknik pengambilan gambar yang memposisikan kamera berada dalam posisi di bawah obyek bidikan. Teknik ini cocok digunakan saat adegan objek menjadi karakter yang lebih kuat dan lebih terkesan tinggi.
5.      Frog Angle
Teknik pengambilan gambar yang memposisikan camera berada sejajar dengan alas kamera itu sendiri. misalnya tanah, lantai ataupun meja dimana obyek yang di bidik berada diatasnya.
6.      Bottom Angle
Teknik pengambilan gambar oleh juru kamera yang memposisikan kamera berada dalam posisi tepat di bawah obyek bidikan. Teknik ini cocok digunakan saat objek melihat keatas dengan sampingnya adalah pepohonan maupun bangunan-bangunan yang tinggi.

3.      GERAK KAMERA (CAMERA MOVE)

1.      PAN , PANNING
Pan adalah gerakan kamera secara horisontal (mendatar). Ada 2 jenis gerakan Pan: gerak ke kanan (Pan Right) dan gerak ke kiri (Pan Left).
Gerakan Pan dilakukan biasanya untuk:
~ Menunjukkan gerak obyek (orang yang berjalan)
~ Mempertunjukkan suatu pemandangan yang luas secara menyeluruh

2.      TILT, TILTING
Tilting adalah gerakan kamera secara vertikal, mendongkak dari bawah ke atas atau sebaliknya. Jenis gerakan Tilt: Tilt Up (mendongkak ke atas) dan Tilt Down (menunduk ke bawah).
Gerakan Tilt dilakukan:
~ Untuk mengikuti gerak obyek (peluncuran roket – dsb)
~ Untuk menciptakan efek dramatis, mempertajam situasi. Seperti halnya dengan gerak panning, tentukan dulu titik awal dan titik akhir shot.

3.      DOLLY, TRACK
Dolly atau track adalah gerakan kamera di atas tripod dan dollymendekati atau menjauhi objek. Jenis gerakan dolly: Dolly In (mendekati obyek) dan Dolly Out (menjauhi obyek).

4.      PEDESTAL
Gerakan kamera diatas pedestal: Pedestal Up (kamera dinaikkan) danPedestal Down (kamera diturunkan).
Dengan pedestal up/down bisa menghasilkan perubahan perspektif visual dari pemandangan.

5.      CRAB
Crab merupakan gerakan kamera secara lateral atau menyamping, berjalan sejajar dengan obyek yang sedang bergerak. Dua macam gerakan crab: Crab left (ke kiri) dan Crab right (ke kanan).

6.      CRANE
Adalah gerakan kamera di atas katrol naik atau turun.

7.      ARC
Arc adalah gerakan kamera memutar mengitari objek dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

8.      GERAKAN LENSA ZOOM
Zooming adalah gerakan lensa mendekati atau menjauhi obyek secara optik, dengan mengubah panjang fokal lensa dari sudut pandangan sempit (telephoto) ke sudut lebar (wide angle) atau sebaliknya. Dua jenis zoom: Zoom in (mendekati obyek, dari Long Shot ke Close Up) sertaZoom Out (menjauhi obyek, dari Close Up ke Long Shot).

9.      RACK FOCUS

Rack focus adalah mengubah fokus lensa dari obyek latar belakang ke obyek di latar depan, atau sebaliknya, untuk mengalihkan perhatian penonton dari satu obyek ke obyek lainnya.

BAB V
PENUTUP

       Kualitas dari sebuah film bergantung pada sudut pengambilan gambar. Objek yang diambil dengan teknik pengambilan gambar yang baik akan menghasilkan kesan yang menarik. Dalam pembuatan animasi membutuhkan pengambilan gambar yang baik, agar hasil sesuai dengan yang diinginkan pada animasi tersebut.

          Pada penulisan yang telah kami buat telah kami sertai penjelasan konsep, pengertian, jenis dan teknik-teknik pengambilan gambar (camera view). Ada berbagai jenis camera view yang dapat digunakan pada pengambilan gambar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

        Untuk membuat objek 3D kita dapat menggunakan software Blender3D yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya. Blender tidak hanya bisa digunakan dalam pembuatan film animasi tetapi juga dapat digunakan pada pembuatan visual efek, aplikasi interaksi 3D atau video games. Fitur-fitur pada blender sangat banyak dalam pembuatan objek yakni 3D Modelling, UV unwrapping, texturing, rigging dan skinning, simulasi asap, simulasi partikel, simulasi bentuk tubuh, animasi, tracking camera, rendering, edit video dan pengkomposisian.


        Demikian kesimpulan dari kelompok kami, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembacanya. Terima kasih telah membaca blog saya :).


DAFTAR PUSTAKA

http://teguh212.blog.esaunggul.ac.id/2012/03/15/teknik-kamera-elektronik-1/
http://nurul36.wordpress.com/2010/07/04/sudut-pengambilan-gambar-camera-angle/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kamera
http://en.wikipedia.org/wiki/Blender_(software)



Kelompok :

- Bobby Harjolaksono (51411513)
- Febri Fakhruddin H (52411769)
- M. Rizqi Fadhilah (54411970)