Kamis, 04 Oktober 2012

New Media


8 Proposisi dari New media dari borges ke HTML (2001) :
1. New Media dibandingkan cyberculture
2. New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi
3. New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
4. New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak
5. New Media sebagai Estetika yang Menemani Tahap Awal Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi Baru
6. New Media sebagai Eksekusi Cepat Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain
7. New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernisme, New Media sebagai NUSANTARA
8. New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern.

What new media is not?
1. New Media tidak kontinyu atau digital dikodekan
2. Media baru dapat dimainkan pada mesin multimedia
3. New Media memungkinkan akses acak seperti sebuah film atau video
4. Media baru dapat hilang karena mengandung jumlah tetap dari informasi
5. Media baru dapat disalin tanpa henti, media analog tidak bisa
6. New Media adalah interaktif dan partisipatif 
 

Pada tahun 2001 bukunya, The Language of New Media, Manovich menjelaskan prinsip-prinsip umum yang mendasari media baru:
§  Representasi numerik : media baru benda yang ada sebagai data.
§  Modularitas : unsur-unsur yang berbeda dari media baru ada secara independen.
§  Otomasi : media baru benda dapat dibuat dan dimodifikasi secara otomatis.
§  Variabilitas : media baru benda yang ada di beberapa versi.
§  Transcoding : Logika komputer mempengaruhi bagaimana kita memahami dan mewakili diri kita sendiri.


sumber:
http:\\manovich.net

New Media


8 Proposisi dari New media dari borger ke HTML (2001)
1. New Media dibandingkan cyberculture
2. New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi
3. New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
4. New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak
5. New Media sebagai Estetika yang Menemani Tahap Awal Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi Baru
6. New Media sebagai Eksekusi Cepat Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain
7. New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernisme, New Media sebagai NUSANTARA
8. New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern.

New media is not
1. New Media tidak kontinyu atau digital dikodekan
2. Media baru dapat dimainkan pada mesin multimedia
3. New Media memungkinkan akses acak seperti sebuah film atau video
4. Media baru dapat hilang karena mengandung jumlah tetap dari informasi
5. Media baru dapat disalin tanpa henti, media analog tidak bisa
6. New Media adalah interaktif dan partisipatif 
 

Pada tahun 2001 bukunya, The Language of New Media, Manovich menjelaskan prinsip-prinsip umum yang mendasari media baru:
§  Representasi numerik : media baru benda yang ada sebagai data.
§  Modularitas : unsur-unsur yang berbeda dari media baru ada secara independen.
§  Otomasi : media baru benda dapat dibuat dan dimodifikasi secara otomatis.
§  Variabilitas : media baru benda yang ada di beberapa versi.
§  Transcoding : Logika komputer mempengaruhi bagaimana kita memahami dan mewakili diri kita sendiri.

sumber :
http://manovich.net

Kamis, 05 Januari 2012

Wawancara


WAWANCARA EKSKLUSIF 

Wawancara singkat yang bertopik “bermasyarakat dan berkebudayaan”  dengan salah seorang Pegawai Negeri Sipil yang merupakan perantau dari salah satu kota di ujung Jawa Barat.
Saya: “Kalau boleh tahu siapa nama anda?”
Narasumber: “Poppy Harvianti”.
Saya: “Tempat dan tanggal lahir anda?”
Narasumber: “Cirebon, 08 April 1985”.
Saya: “Dimana alamat tinggal anda?”                                     
Narasumber: “Jl. Bhakti ABRI RT 04 RW 10 Kelurahan Sukamaju Baru Tapos kota Depok”.
Saya: “Kempat lahir dan tempat tinggal sekarang berbeda, apa anda sedang merantau?
Narasumber: “Iya begitulah, dulu saya tinggal di Cirebon tetapi sekarang di kota depok”.
Saya: “Berapa lama anda merantau?”
Narasumber: “Sudah hampir 2 tahun saya tinggal di depok”.
Saya: “Apa tujuan anda merantau?”
Narasumber: “Karena kebetulan saya mengikuti tes CPNS di kota depok dan alhamdulillah diterima, dengan kata lain merantau untuk bekerja”.
Saya: “Kebudayaan apa yang ada di tempat anda sekarang?”
Narasumber: “Adat dan kebiasaannya masiih ada campuran adat Betawi”.
Saya: “Apa perbedaan budaya di tempat tinggal dulu dengan sekarang?”
Narasumber: “Waaah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata ,banyak sekali perbedaannya, karna kita hidup di negara yg kaya dengan kebudayaannya, setiap daerah memiliki adat istiadat yg berbeda-beda”
Saya: “Bagaimana cara bersosialisasi dengan warga setempat?
Narasumber: “Bisa dengan ngrumpi karena dilingkungan sekitar adalah wali murid ditempat saya kerja, otomatis sering sharring mengenai perkembangan murid-murid”.
Saya: “Apa yang sudah anda dapat ketika anda berada di tempat tinggal baru?
Narasumber: “Dapat banyak pengalaman, nambah keluarga dan lebih penting bisa memahami karakter anak kota”.

Kesimpulan dari wawancara ini adalah bahwa kita itu makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang disekitar kita, setiap daerah memiliki adat dan istiadat yang berbeda, apalagi kita berada di negara yg kaya dengan kebudayaannya, bagaimana cara kita bersosialisasi itu sangat penting untuk pendekatan dengan lingkungan sekitar.

HARAPAN HIDUP


HARAPAN HIDUP
Ada peribahasa “Gantungkan cita-citamu setinggi langit”, peribahasa itu bermakna kita harus mempunyai harapan yang setinggi-tingginya. Setiap individu pasti mempunyai banyak sekali harapan untuk menjadi seorang yang sukses dan lebiih baik menjalani hidup. Tidak hanya keinginan yang kuat dari dalam diri kita, melainkan disetiap keinginan itu harus terselip usaha-usaha yang lebih keras agar keinginan atau harapan kita bisa dikatakan berhasil atau sukses.
            Berikut adalah harapan-harapan yang terfikir di benak hati saya, yang akan menuntun untuk berusaha lebih keras agar menjadi pribadi yang sukses dalam kehidupan didunia.
TAHUN
HARAPAN
2011 (31 juni2011)
Ikut SNMPTN yang tujuannya ke Universitas Pendidikan Indonesia, tapi gagal.
2011
Bisa masuk Universitas Gunadarma, Universitas yang keren abis deeeh.
2012
Bisa dapat IPK tinggi minimal 3.50 dan masuk SARMAG.
2012
Bisa bikin usaha kecil-kecilan.
2013
Bisa ikut proyek d dunia kerja with brother.
2014
Bisa membiayai kuliah.
2015
Bisa menyelesaikan tugas akhir dan wisuda dengan hasil yang sangat memuaskan.
2015
Bisa menjadi ahli muda TI yang handal.
2015
Bisa bekerja di perusahaan ternama.
2015
Sudah bisa membiayai hidup kedua orangtua.
2016
Menabung untuk memberangkatkan orang tua ke tanah Suci Mekkah dan untuk membuat rumah.
2016
Bisa mencari pekerjaan tambahan.
2018
Memberangkatkan orangtua ke tanah Suci Mekkah.
2018
Menabung untuk pernikahan.
2019
Menikah dengan jodoh dan cukup 1 kali seumur hidup.
2019
Membiayai keluarga kecil dan hidup bahagia.
2020
Membuat rumah dan tinggal di rumah baru with my family.
2020
Membuat lapangan kerja.
2020
Udah 1 tahun nikah, keluar anak deh..hahahii
2023
Ingin membuat perusahaan dan menjadi manager perusahaan tersebut.


Diatas sebagian harapan hidup saya yang akan menjadi penuntun rencana untuk menjadi orang yang lebih sukses.
Didalam usaha jangan pernah takut kita mencoba meski hasilnya kurang memuaskan, dengan niatan dan usaha maksimal kita niscaya kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Teruslah berkarya, nikmati hidup dengan penuh harapan positif, buatlah hidup kita lebih berharga. Sukses atau tidaknya hidup kita ditentukan oleh diri kita sendiri.

Rabu, 02 November 2011

PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN


Mutu pendidikan dapat diartikan derajat atau tingkat pendidikan, ada dua peninjauan terhadap mutu pendidikan, yaitu  proses pendidikan dan hasil pendidikan.
1.       Proses pendidikan adalah suatu cara pengembangan dalam pendidikan. Contoh seperti bahan ajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik), metode pengajaran, sarana dan prasana, dukungan administrasi, dan sumber daya lainnya.
2.       Hasil pendidikan adalah prestasi yang dicapai dalam kurun waktu tertentu. Dengan adanya evaluasi ini dapat diketahui mutu pendidikan yang selama ini diterapkan.

Pendidikan sangatlah penting bagi semua orang karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Oleh karena itu, harus adanya bekal pendidikan untuk dapat berpartisipasi dalam persaingan global ini.

Dalam mengembangkan mutu pendidikan ini, Peningkatan yg harus dilakukan diantaranya meningkatkan infrastruktur, tenaga pendidik, dan perlunya kesadaran semua pihak. Masih banyak bangunan yang sudah tidak layak untuk digunakan, menyeimbangkan bangunan di setiap daerah. Tenaga pendidik mempunyai peranan penting  dalam pendidikan, oleh karena itu dibutuhkan tenaga pendidik yang lebih handal dalam mengambil  peran sebagai pengajar. Infrastruktur  dan tenaga pendidik sudah terpenuhi tetapi pihak-pihak yang terkait dalam pendidikan masih kurang kesadarannya, hal itu dapat mengakibatkan kurang berhasilnya peningkatan mutu pendidikan. Hal lain yang dapat dilakukan untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan adalah dengan memberikan motivasi kepada  anak dan orangtua tentang pentingnya pendidikan dalam menghadapi persaingan global di era sekarang ini, sehingga diharapkan tumbuhnya kesadaran agar dapat meningkatkan mutu pendidikan.